Kilisuci, Taman yang Indah di Kota Pare

 

Berbicara tentang Pare, tak hanya sekedar Kampoeng Inggris. Ada banyak hal menarik yang bisa didapatkan di Pare, mulai dari makanan, tempat wisata, cycling, dan berbagai pengalaman tak terlupakan lainnya. Saat berkunjung ke pare pada Februari lalu, saya berkesempatan mengunjungi salah satu taman yang ada di kota ini. Taman Kilisuci, letaknya diantara Masjid Agung An-Nur dan Taman Makam Pahlawan Chanda Bhirawa. Nama Kilisuci diambil dari sejarah Jawa Timur. Menurut sejarah, Kilisuci dalah nama putri dari Raja Airlangga, yang dahulu hendak di persunting oleh Lembu Suro. 

Taman yang belum lama dibangun oleh pemerintah Kediri ini menjadi alternatif bagi masyarakat yang tinggal di Pare untuk mengisi akhir pekan atau waktu luang. Jika anda membawa kendaraan, maka anda akan dikenai biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk sepeda motor, dan Rp 1.000 untuk sepeda.

Di taman ini, bunga dan berbagai tanaman tertata rapi, di tengah taman terdapat air mancur dan beberapa tempat duduk yang dapat digunakan untuk nongkrong-nongkrong bersama teman atau keluarga. Selain itu, bagi anak-anak juga disediakan tempat bermain seperti ayunan, jungkat-jungkit dan prosotan. 

tempat bermain anak-anak di taman kilisuci

Bagi penderita reumatik, di sisi kiri taman juga terdapat susunan batu kerikil yang dirancang untuk sekedar jalan-jalan mengurangi reumatik. Di sebelahnya terdapat jajaran food court yang nantinya akan ditempati oleh penggiat Usaha Kecil Menengah (UKM) di kabupaten Kediri. Namun untuk saat ini, food court tersebut belum berfungsi. Taman ini juga dilengkapi dengan fasilitas umum seperti toilet dan internet corner. 

toilet

Saya juga sempat membuat report tentang taman ini. Bila anda berkunjung ke Pare, jangan lupa untuk menyambangi taman yang rapi, nyaman dan indah ini.

Kilisuci, Taman yang Indah di Kota Pare Kilisuci, Taman yang Indah di Kota Pare Reviewed by Teman Cerita on 18.50 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.