Tips Menulis Ala Andrea Hirata

 

Bagi teman-teman yang suka membaca novel, pasti sudah tidak asing lagi dengan Andrea Hirata. Penulis tetralogi Laskar Pelangi itu berbagi tips menulis untuk kita semua. Ingin tahu apa saja tips nya,,,, simak baik-baik ya...

Jika ingin menulis, yang perlu dilakukan adalah :


Riset
PakCik ini biasanya melakukan riset dulu sebelum menulis. Karenanya tulisan-tulisan Pak Cik begitu detail. Boleh dicek di novel-novelnya. Nama-nama tempat yang ada di novelnya, penggambaran tempatnya, bisa dibandingkan dengan aslinya. Benar-benar detail. Pak Cik bilang, sebelum menulis novel,  dia pasti melakukan riset terlebih dahulu. Sampai-sampai untuk menulis Padang Bulan dan Cinta dalam Gelas, Pak Cik menghabiskan waktu selama 3,5 tahun untuk melakukan riset.

Suka Membaca.       
Benar sekali istilah yang berbunyi “Good writter is a good reader”. Selain menulis Pak Cik juga suka membaca. Jadi kalau teman-teman semua ingin bagus menulisnya, teman-teman harus suka membaca. Tentunya yang dibaca adalah buku-buku yang berkualitas yang sesuai dengan minat teman-teman semua. Kalau yang ingin bisa menulis novel, sering-sering membaca novel yang berkualitas. Jangan sukanya Cuma baca status facebook aja ya... :)

Berani
Tips lainnya dari Pak Cik adalah kalau menulis harus bernai mencurahkan ide. Tidak perlu takut dan terbelenggu dengan batasan-batasan ataupun takut tulisannya jelek. Jadi maksudnya ya nulis aja :)   

Sensitif Kata 
Tips selanjutnya menurut Pak Cik adalah sensitif kata. Dua kata bisa punya arti yang sama, tapi sense-nya beda, karena itu, kita harus sensitif terhadap kata. Memilih mana kata yang sensenya lebih tepat :)

Mental Beton
Jangan pernah takut untuk menulis. Tulis apa saja yang ada difikkiran kita. Masalah baik buruknya tulisan itu belakangan, yang penting tulis aja dulu. Begitu ada ide yang hinggap di otak, segera tulis, jangan pernah takut menuliskannya. Ya iya dong, kapan mau jadi tulisannya kalau takut nulis hehe. 

Detail
Buat tulisan sedetail mungkin, terutama untuk tulisan deskriptif. Detail amat penting. Agar orang yang membaca tulisan kita dapat membayangkan apa yang kita tulis.   

Menulis Kapan Saja 
Selanjutnya jangan pernah menunda-nunda untuk menulis. Kapan saja ide itu muncul, langsung ditulis. Tidak perlu nunggu mood. Iya kalau moodnya datang, kalau moodnya kabur dan gak dateng lagi gimana coba :D. Karena sejatinya mood itu harus diciptakan, bukan ditunggu.

Ide Tulisan itu Penting        
Satu lagi pesan dari Pak Cik, kalau ingin menulis, ide itu yang utama. Jadi temukanlah idenya baru tuliskan. Kalau tidak ada ide, apa juga ya yang akan di tulis.

Sekian tips menulis ala Andre Hirata, semoga bermanfaat
Tips Menulis Ala Andrea Hirata Tips Menulis Ala Andrea Hirata Reviewed by Teman Cerita on 18.50 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.